Nama : Chyntia Dwinovita
NPM : 52414396
Kelas : 3IA22
Dosen : Rifki Amalia
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Penulisan 12
Dalam
permainan strategi murni, pemain baris meng-identifikasikan strategi optimalnya
melalui aplikasi kriteria maksimin, sedangkan pemain kolom menggunakan kriteria
minimaks untuk meng-identifikasikan strategi optimalnya. Nilai yang
dicapai harus merupakan maksimum dari minimaks baris dan minimum dari dari
maksimin kolom, Pada kasus terse-but suatu titik equibrilium telah
tercapai dan titik ini disebut titik pelana (saddle point). Bila nilai maksimin
tidak sama dengan nilai minimaks, titik pelana tidak dapat dicapai, sehingga
permainan tidak dapat diselesaikan dengan mempergunakan strategi murni, tetapi
dengan strategi campuran.
Diberikan game antara A dan B dengan
strategi dan payoff berikut :
Strategi apakah yang dipililh oleh A
dan B agar masing-masing memperoleh hasil yang optimal ?
Prinsip maximin dan minimax
· Jika maximin = minimax, maka game memiliki sebuah
saddle point ; dan game dikatakan setimbang (memiliki kesetimbangan /
equilibrium)
· Dalam hal ini, saddle point = (1,y), dan value of game
= 4
· Jika A dan B mengikuti prinsip maximin dan minimax,
maka game akan mencapai kesetimbangan, di mana A memilih strategi 1, dan B
memilih strategi y
Sumber :
Sabri, Ahmad. Teori Game.
sabri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/46019/Teori+Game.pdf.
17 Juni 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar