Nama : Chyntia Dwinovita
NPM : 52414396
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game #
Nama Dosen :
Rifki Amalia
Tugas : Penulisan 1
1.
Teknologi Game
Teknologi itu memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai
dikenal sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan
dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering
menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan
saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian penemuan yang sangat lama
seperti roda juga disebut sebuah teknologi.
Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari
status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya
untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang
bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada
saat pengetahuan teknik kita meningkat.
Dalam bahasa Indonesia game berarti permainan. Permainan yang dimaksud
dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual
(intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena
keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya.
Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana
game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Maka bermain game merupakan suatu proses fine tuning (atau penyamaan
frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi
komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata
mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan
mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus
kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan
para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini.
Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas
menuntut ilmu.
Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game, dimana
perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar awal dekade
80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar perusahaan game dalam
memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa
dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Pesawat televisi
dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana
dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa
program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game
yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.
Video game dapat disebut juga sebagai sebuah bentuk dari multimedia interaktif
yang digunakan untuk sarana hiburan. Game ini dimainkan dengan menggunakan
sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat
atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick.
Isinya adalah beberapa tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri
dan kanan, dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan
gambar-gambar di layar pesawat televisi. Game ini juga biasanya dimainkan
dengan memasukan sebuah keping CD yang bisa diganti-ganti atau cartridge yang
harus dimasukkan ke dalam game console.
2.
Bisnis dalam Game Komputer
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya
teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang
tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun
sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik
free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja
dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini
biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur
yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang
sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game
online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet
sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa
mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat
komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah
berlama-lama untuk bermain.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus
bermunculan, terutama yang menyediakan jasa game online. Bukan tanpa alasan
game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online
memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara
bersama-sama dalam satu waktu.
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut
melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah
bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan
kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia.
Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
- Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara
legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke
internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara
otomatis system akan memblokirnya.
Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
3.
3D Engine dan Game Maker
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk
menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D
grafis.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan
g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph
dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi
serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar,
ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D.
- Menciptakan sebuah scene graph.
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari
scene graph.
a. Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE
merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game
engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu
men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility
hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem
library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface
di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya
khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain.
Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game
development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
b.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang
bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan
interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman
komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak
dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa
pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem
terpadu.
c.
Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita
bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan,
dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk
menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat
digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360,
juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya
lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun
unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game
komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3
dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software
(game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa
mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.
Daftar Pustaka
1.
Wikipedia. ‘Teknologi’.
23 Maret 2017.
2.
Andriyana
Ade. ‘Teknologi Game dan Bisnis Game’. 23 Maret 2017.
3.
Jimmy
Halimjoy. ‘Sejarah Perkembangan Game’. 23 Maret 2017.
4.
Irfan
Assya. ‘Perkembangan Teknologi Game dari Awal’. 23 Maret 2017.
5.
Septian. ‘Pengantar
Teknologi Game’. 23 Maret 2017.
6.
Ricky. ‘Apa
itu Game Engine’. 23 Maret 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar